Gunung Sinabung Masih Berpotensi Meletus

Metrotvnews.com, Tanah Karo: Kondisi Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatra Utara, masih terus dipantau oleh tim pemantau. Status gunung masih awas. Gunung Sinabung masih berpotensi meletus. Letusan dua kali dalam skala kecil, di bawah 2 skala Richter, terjadi kembali Sabtu (4/9) pagi. Karena kecilnya getaran, letusan tidak dirasakan penduduk.

Abu vulkanik juga masih terus menyembur dari Gunung Sinabung. Secara umum, kondisi Gunung Sinabung stabil. Meski demikian, warga diimbau tidak kembali ke kampung masing-masing. Karena letusan tiap saat bisa terjadi.

Akibat dua letusan, warga yang kembali ke posko pengungsian bertambah 1.000 orang lebih dan kini menjadi sekitar 21.700 orang. Mereka tersebar di 25 posko. Pada hari sebelumnya, saat siang sebagian warga kembali ke rumah untuk melihat ternak atau harta bendanya. Tapi kali ini mereka tidak melakukan itu. Mereka takut kembali, terutama yang tinggat di radius enam kilometer dari puncak Gunung Sinabung.

Jumlah pasien di Rumah Sakit Kabanjahe terus bertambah. Kemarin saja ada tambahan 31 orang pasien. Hingga kini di rumah sakit ini dirawat sebanyak 134 orang pasien korban letusan Gunung Sinabung, 58 orang di antaranya menjalani rawat inap. Sebagian besar menderita infeksi saluran pernafasan atas.

Sejauh ini, ruangan rumah sakit masih bisa menampung tambahan pasien. Mereka dirawat di tiga bangsal. Tenaga medis, perawat dan obat-obatan juga masih cukup.(Harum Ginting)


Berita TV terkait Letusan Sinabung di MetroTv klik disini

0 komentar:

Posting Komentar